Pemkab Bangka Barat, Memfasilitasi Kegiatan Pelatihan Pembuatan Kain Tenun

Mentok Babel, sahabatrakyat.com – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi kegiatan pelatihan pembuatan kain tenun dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) kepada anggota kelompok perajin di daerah itu.

“Pelatihan ini diselenggarakan untuk meningkatkan keterampilan sekaligus menambah wawasan para perajin yang selama ini tergabung dalam kelompok usaha tenun,” kata Kepala Bidang Industri Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Agus Setyadi di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan yang digelar selama tujuh hari mulai Senin (22/3) tersebut, para peserta akan mengikuti pelatihan dimulai dari tingkat dasar hingga pengembangan motif dan pola pemasaran.

“Kami ingin para anggota kelompok yang saat ini sudah memulai usaha kerajinan tenun ini ke depan semakin terampil, baik dalam hal produksi maupun pemasaran sehingga usaha semakin berkembang dan mandiri,” katanya.

Kegiatan yang diikuti para anggota dari tiga kelompok usaha kerajinan tenun yang selama ini sudah ada di Kecamatan Mentok tersebut terselenggara atas kerja sama antara Pemkab bangka Barat, Disperindag Provinsi Babel dan Bank Indonesia.

Selain mendapatkan materi pelatihan, kelompok tersebut nantinya juga akan mendapatkan bantuan alat dan modal usaha dari program kepedulian sosial Bank Indonesia.

“Dalam kegiatan ini kami bertindak sebagai fasilitator, Bank Indonesia dan Pemprov Babel yang memberikan pelatihan dan nantinya para perajin akan mendapatkan bantuan dari program CSR Bank Indonesia. Kami berharap para peserta bisa semakin mandiri dan bersemangat menekuni usaha yang sudah dijalankan,” katanya. (Ant)