Sebanyak 852 Orang Disuntik Vaksin Sinovac di Bangka

Sungailiat,Bangka,  – Satuan gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sudah 852 orang yang disuntik vaksin Sinovac tahap pertama dari target sebanyak 1.780 orang.

“Pada tahap pertama vaksinasi COVID-19, baru tercatat 852 orang yang sudah disuntik dari target 1.780 orang atau baru menyampai 47,8 persen,” kata juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Jumat.

Menurutnya, ratusan orang yang sudah melakukan suntik vaksin itu merupakan tenaga kesehatan dan non kesehatan di pelayanan kesehatan termasuk sejumlah pejabat daerah.

“Mudah-mudahan sampai tahap pertama vasinasi selesai, target yang ditetapkan itu dapat tercapai,” katanya.

Dia menyakinkan vaksin Sinovac cukup aman untuk masyarakat karena sudah melalui tahapan uji klinis dan sudah mendapatkan izin darurat BPOM dan legalitas halal dari MUI.

“Saya berharap masyarakat mendukung penuh vaksinasi COVID-19 dengan bersedia di suntik vaksin ini pada saatnya nanti karena vaksin ini diperlukan untuk menekan dan menghentikan penyebaran virus jenis baru corona yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya,” jelas Boy Yandra.

Hanya saja kata Boy Yandra, meskipun vaksiniasi COVID-19 sudah dilaksanakan sesuai tahapan namun masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Penerapan protokol kesehatan dan prilaku hidup sehat menjadi perihal wajib untuk mencegah serta meningkatkan imun tubuh,” katanya.

Tercacat sampai sekarang jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka, berdasarkan data informasi di Dinas Kesehatan mencapai 1.018 orang, 953 orang sembuh serta 13 orang meninggal dunia atau masih terdapat 52 orang menjalani isolasi atau karantina kesehatan.

“Angka kesembuhan pasien COVID-19 menunjukan perkembangan yang cukup baik mencapai 92 persen lebih dan diharapkan jumlah kasus dapat ditekan agar wilayah Kabupaten Bangka kembali ke zona hijau,” katanya. (Ant)