Gubernur Babel Terima Suntikan Perdana Vaksin COVID-19 Sinovac

Pangkalpinang, – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac perdana di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang disuntikkan langsung oleh fasilitator didampingi Dirut RSUP Ir.Soekarno Bangka Belitung, dr.Armayani.

Gubernur Babel menerima suntikan vaksin perdana diikuti Danrem 045/ Gaya, Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto, Lanal Babel, Letkol Dudik Koswoyo dan Plt.Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Beliin, Amri Cahyadi bersama Forkopimda lainnya.

“Tadi pagi saya sarapan madu dan telur. Dan sekarang saya siap divaksin,” ujarnya.

Hari ini tiga kabupaten kota yang ada di Babel, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Belitung melaksanakan vaksin COVID-19 Sinovac. Di tahap pertama penerima vaksin adalah para pejabat publik dan tenaga kesehatan yang sudah terdata.

Dari 10.280 vaksin, 4.760 vaksin diterima Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka menerima 3.560 vaksin dan Belitung menerima 1.960 vaksin.

“Kita akan menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat agar masyarakat juga dapat mengikuti pelaksanaan vaksin ditahap berikutnya,” ujarnya.

Ditahan pertama dan kedua ini, 12.000 tenaga kesehatan akan mendapat pemberian vaksin. Semua tenaga kesehatan di Babel sudah terdata untuk dapat menerima vaksin karena pemberian vaksin ini wajib dan jika ada penolakan akan berurusan dengan pihak berwajib.

“Selama mereka sudah terdaftar, maka harus divaksin. Vaksin adalah upaya kita bebas dari pandemi COVID-19, karena itu vaksin harus dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Setelah para tenaga kesehatan dan pejabat publik mendapat vaksin, masyarakat juga menerima, tergantung ketersediaan vaksin yang disalurkan oleh pemerintah pusat.

Proses tahapan pemberian vaksin masih cukup lama hingga 15 bulan. Namun meskipun sudah divakain, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan,” ujarnya. (Ant)