Dukung Percepatan Ekonomi Daerah Bupati Bangka Optimistiskan UMKM

Sungailiat, Babel – Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan optimistis sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mampu mendukung percepatan pemulihan perekonomian daerah akibat terdampak COVID-19.

“Saya optimis sektor UMKM mampu mendukung percepatan pembangunan perekonomian daerah yang berkelanjutan mengingat saat ini perekonomian masyarakat mengalami penurunan akibat dampak COVID-19,” katanya di Sungailiat, Babel, Rabu.

Dikatakan, peranan penting UMKM dalam perekonomian adalah mulai dari kemampuan produksi usaha sampai dengan penyerapan tenaga kerja.

“Sektor UMKM menjadi tumpuan mengerakkan roda perekonomian masyarakat daerah maupun nasional yang saat ini terdampak sebaran COVID-19,” jelas Mulkan.

Dia menyarankan seluruh pelaku usaha sektor UMKM di daerahnya mampu meningkatkan kualitas manajemen dan produk usaha agar mampu bersaing dan makin diterima konsumen sesuai kebutuhan.

“Kualitas produk menjadi hal penting yang tidak boleh dikesampingkan pelaku UMKM seperti kemasan yang menarik,” katanya.

Mulkan menambahkan pihaknya melalui dinas terkait akan memberikan pendampingan pelaku UMKM mulai dari pembinaan dan pelatihan serta membantu menyediakan ruang atau sarana pemasaran usaha.

“Kami memberikan kemudahan pinjaman permodalan usaha tanpa bunga melalui lembaga perbankan yang sudah ditunjuk termasuk sebelumnya juga menyalurkan bantuan peralatan olahan produksi,” ujarnya.

Bupati juga meminta pelaku UMKM dapat memanfaatkan perkembangan teknologi guna membantu mempermudah dan memperluas pemasaran.

“Layanan teknologi harus dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM seperti layanan pemasaran sistem online,” katanya. (Ant)