Pemkab Bangka Bangun Rumah Mesin Pengolahan Nanas di Desa Air Duren

Sungailiat, Bangka – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun rumah mesin pengolahan nanas di Desa Air Duren, Kecamatan Pemali, guna membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat.

Pembangunan rumah mesin pengolahan nanas yang bersumber dari dana desa, kata Bupati Bangka, Mulkan di Pemali, Selasa, merupakan upaya mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha kecil dan menengah dari hasil alamnya.

Bupati menginginkan rumah pengolahan nanas yang dilengkapi dengan mesin pengolahan tersebut dapat menjadi motivasi bagi desa lain untuk mengembangkannya dengan disesuaikan hasil alam di desanya masing-masing.

“Untuk desa yang mempunyai produksi hasil panen nanas yang banyak hendaknya dapat membangun rumah pengolahan,” jelasnya.

Dengan adanya rumah olahan tersebut kata bupati, akan mempermudah akses penjualan karena nanas sudah diolah sesuai dengan kebutuhan.

“Selama ini petani atau masyarakat hanya menjual nanas hasil panen tanpa terlebih dahulu dilakukan pengolahan,” katanya.

Rumah pengolahan nanas menjadi alternatif bagi pelaku UMKM untuk berinovasi mengembangkan produk makanan bervariasi dengan bahan baku yang sama.

“Rumah pengolahan nanas menjadi sarana pembantu petani untuk menjaga kualitas nanas karena tanpa diolah nanas hanya mampu bertahan paling lama satu minggu,” jelasnya.

Selain mempertahankan produk kualitas nanas, kata bupati, dengan diolahnya nanas tersebut menjadi bahan makanan yang bervariasi juga meningkatkan nilai jual.

Potensi alam yang dimiliki masing-masing desa dapat memberikan kontribusi dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, jika dapat dikelola dengan cara yang baik. (Ant)