Pemprov Fasilitas Pembangunan Industri Minyak Goreng Belitung

Pangkalpinang  – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap memfasilitasi investor untuk membangun industri pengolahan minyak mentah sawit menjadi produk minyak goreng di Kabupaten Belitung, guna mempercepat operasi industri CPO tersebut di daerah itu.

“Saat ini pembangunan industri pengolahan CPO menjadi minyak goreng masih dalam persiapan di Kabupaten Belitung,” kata Kepala Bidang  Pengembangan Wilayah dan Pengawasan Industri Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Agoeng Eko Witjaksono di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan pembangunan industri minyak goreng ini masih dalam proses pengurusan izin ke Kementerian Perindustrian, sementara peralatan, lahan sudah disiapkan investor.

“Kami siap memfasilitasi untuk mendorong, agar industri ini cepat berproduksi,” ujarnya.

Menurut dia apabila industri pengolahan CPO menjadi produk minyak goreng ini berproduksi, maka akan memberikan dampak yang posiitif terhadap harga buah tandan segar kelapa sawit petani, membuka lapangan kerja baru dan menjaga harga minyak goreng di daerah ini tentu lebih murah.

“Mudah-mudahan tahun ini industri miniyak goreng ini berproduksi, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mayarakat di daerah ini,” katanya.

Ia mengatakan saat ini jumlah perusahaan perkebunan sawit di Provinsi Kepulauan Babel sebanyak 17 perusahaan dan belum mengolah CPO menjadi berbagai produk lainnya seperti minyak goreng, sabun, makanan olahan, bahan kimia dan lainnya.

“Selama ini buah sawit segar dan CPO yang dihasilkan perusahaan dan petani dikirim ke Pulau Jawa dan Sumatera untuk diolah menjadi berbagai produk olahan yang memiliki ekonomi tinggi,” katanya. (Ant)