Pemprov Babel Remajakan 3.000 Hektare Tanaman Lada

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meremajakan 3.000 hektare tanaman lada putih, sebagai upaya pemerintah membantu petani meningkatkan hasil komoditas ekspor daerah itu.

“Pada tahun depan kita akan menyalurkan 3,5 juta bibit lada berkualitas untuk meremajakan 3.000 hektare tanaman khas daerah ini,” kata Gubernur Keppulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin (17/12/18).

Ia mengatakan peremajaan tanaman lada yang sudah tidak produktif ini, sebagai upaya pemerintah provinsi dalam mengembalikan kejayaan muntok white pepper di pasar dunia.

Selain itu bantuan bibit dan peremajaan tanaman lada putih juga untuk meringankan beban petani dalam mengembangkan usaha perkebunan dan kesejahteraan keluarganya.

“Seluruh petani yang tergabung dalam kelompok berbadan hukum boleh mengajukan bantuan bibit dan program peremajaan tanaman lada ini,” katanya.

Menurut dia dalam penyediaan pupuk tanaman lada berkualitas, pemerintah provinsi telah bekerja sama dengan PT Pupuk Kujang, sehingga petani tidak perlu lagi kuatir akan kesulitan pupuk memupuk tanaman ladanya.

“Pada tahun depan perusahaan pupuk ini juga akan membangun pabrik, guna mengurangi operasional perusahaan dalam menyediakan pupuk lada dan tanaman lainnya yang tinggi,” katanya.

Ia berharap dengan bantuan ini dapat memotivasi kembali petani dalam mengembangkan usaha perkebunan ladanya.

“Saya berharap agar petani jangan sampai kehilangan semangat bertanam lada, apabila petani lagi termotivasi menanam lada maka pada gilirannya membuat lada putih daerah ini punah,” ujarnya. (Ant)