Gubernur Babel Bahas Keagamaan dan Haji Bersama Kemenag RI

Jakarta – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, melakukan pertemuan dengan Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) RI, M. Nur Kholis Setiawan, di ruang rapat Sekjen Kantor Kemenag RI Lantai I Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan yang didampingi Kepala Kanwil Kemenang Babel, Kepala Dinas Pendidikan Babel, Kepala Biro Kesra Setda Babel, Rektor IAIN, dan Kepala MAN Insan Cendikia (IC) Kabupaten Bangka Tengah, Gubernur Babel bersama Sekjen Kemenag RI membahas seputar keagamaan dan haji di Babel.

Sekjen Kemenang RI, didampingi Kepala Biro Umum RI, Syafrizal, dan Kepala Biro Perencanaan Kemenang RI, Ali Rokhmad, menyambut baik kedatangan Gubernur Erzaldi bersama rombongan.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan Pak Gubernur Babel. Kami berterima kasih kepada Gubernur Babel yang sangat serius terkait program-program keagamaan,” ungkap Sekjen Kemenag.

Sekjen Kemenag RI berharap, apa yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, dibawah kepemimpinan Gubernur Erzaldi, dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, seperti program pemberdayaan Badan Penasihat Pemberdayaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4), Pengembangan MAN IC, pengembangan IAIN SAS Babel hingga rencana pemberangkatan jemaah haji Babel.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Gubernur Erzaldi, karena BP4 memiliki peran besar dan penting untuk menjaga lembaga perkawinan. Dan ini, memang membutuhkan keterlibatan dari semua pihak, termasuk Pemprov Babel,” kata Nur Kholis.

Sementara itu, dihadapan Sekjen Kemenag RI, Nur Kholis, Gubernur Erzaldi menyampaikan sejumlah program yang dilaksanakan oleh Pemprov Babel, mulai dari program pemberdayaan BP4, pengembangan MAN IC, pengembangan IAIN SAS Babel, hingga rencana pemberangkatan jemaah haji Babel, dan program keagamaan lainnya.

Terkait BP4, Gubernur Erzaldi mengutarakan niatnya untuk memberlakukan BP4 di Babel, dengan mengeluarkan surat edaran kepada para Bupati untuk membantu operasional BP4 di desa-desa.

“Kita akan aktifkan BP4 ini sebelumnya, hanya aktif di Bangka Tengah. Ini akan kita aktifkan ke seluruh kabupaten/kota di Babel,” tegas Erzaldi.

Menurut gubernur, keberadaan BP4 sangat dibutuhkan masyarakat Babel, terutama bagi pasangan-pasangan muda yang ada di desa-desa. “Karena saat ini, susah untuk konsultasi pernihan di desa-desa. Kadang mereka bingung harus berkonsultasi dengan siapa,” ujar Gubernur Erzaldi.

Berkenaan dengan rencana pengembangan pendidikan keagamaan, gubernur menyebutkan, Pemprov Babel bersedia memfasilitasi pembangunan masjid di Kampus MAN IC Bateng dan IAIN SAS Babel.

“Untuk Kampus MAN IC, akan dibangun Masjid, sudah kami siapkan anggaran Rp 5 miliar. Sementara untuk Kampus IAIN SAS Babel disediakan anggaran sebesar Rp10 miliar,” jelas Gubernur Erzaldi.

Sementara terkait penyelenggaraan haji, ditambahkan Gubernur Erzaldi, asrama haji Babel sudah hampir selesai, dan siap digunakan tahun ini.

Untuk itu, gubernur berharap di asrama haji tersebut, para calon jemaah haji dapat menginap, sehingga menghemat waktu sekitar 2 hari bersama keluarganya.

“Nanti mereka tetap menginap di Pangkalpinang. Waktu ke Palembang, mereka pakai pesawat yang sama untuk mereka terbang entah ke Jeddah, atau ke Madinah. Jadi, pesawat berkapasitas 450 orang itu datang ke Pangkalpinang, jemput ke Palembang, kemudian hanya muter 30 menit, berangkat dengan pesawat yang sama,” ujarnya. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here